Tidak Tanggung-Tanggung Ini Tugas Berat Dari Jokowi Ke Sandiaga Uno Selaku Menteri Pariwisata

 

Menjelajahi.com – Percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional turut dibahas dalam Rapat Paripurna yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (6/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan sejumlah arahan Jokowi terkait pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19. 

“Fokus utama yang ditekankan Presiden Jokowi terkait penanganan kesehatan. Ini kunci dalam kebangkitan bangsa, terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2021,” ucap Sandi seperti dikutip dalam siaran pers, Rabu (6/1/2021). 

Oleh karena itu, dia mengatakan Presiden Jokowi menekankan seluruh pihak untuk terus disiplin dan mensosialisasikan gerakan 3M kepada mayarakat, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengungkapkan komunikasi publik sangat penting agar bisa memutus mata rantai penularan Covid-19. Karena itu, Sandi mengaku butuh kolaborasi komite, satgas, serta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Kita harus well informed [menginformasikan dengan baik] kepada masyarakat tentang protokol kesehatan ketat dan disiplin. Hal ini menjadi keharusan,” ujarnya.

Menurut Sandi, sosialisasi gerakan 3M harus berjalan seiring dengan distribusi vaksin Covid-19 kepada seluruh rakyat Indonesia, termasuk daerah-daerah destinasi wisata

Selagi menunggu distribusi vaksin untuk 182 juta masyarakat, Sandi juga meminta agar tidak ada toleransi dan negosiasi terhadap penerapan protokol kesehatan.

“Kita berharap bahwa vaksin ini menjadi secercah harapan. Jadi [masyarakat] harus didukung, harus kita sukseskan. Kesehatan merupakan kunci untuk kita melangkah di 2021,” katanya.