Yuk Backpackeran Berlibur ke Bali, Simak Tipsnya!


Bali ialah satu propinsi di Indonesia. Ibu kota propinsi ini ialah Denpasar. Bali adalah satu diantara pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Diawalnya kemerdekaan Indonesia, pulau ini terhitung dalam Propinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, serta sekarang terdiri jadi 3 propinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.[6][7]

Tidak hanya terbagi dalam Pulau Bali, daerah Propinsi Bali terbagi dalam pulau-pulau yang lebih kecil di sekelilingnya, yakni Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, serta Pulau Menjangan.

Dengan geografis, Bali terdapat antara Pulau Jawa serta Pulau Lombok. Sebagian besar masyarakat Bali ialah penganut agama Hindu. Di dunia, Bali populer jadi arah pariwisata dengan kekhasan beberapa hasil seni-budayanya, terutamanya buat beberapa pelancong Jepang serta Australia. Bali dikenal juga dengan julukan Pulau Dewata serta Pulau Seribu Pura.

Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Geografi


Pulau Bali ialah sisi dari Kepulauan Sunda Kecil selama 153 km serta selebar 112 km seputar 3,2 km dari Pulau Jawa. Dengan geografis, Bali terdapat di 8°25′23″ Lintang Selatan serta 115°14′55″ Bujur Timur yang membuat beriklim tropis seperti sisi Indonesia lainnya.

Gunung Agung ialah titik paling tinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini paling akhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur satu diantara gunung yang berada di Bali. Seputar 30.000 tahun waktu lalu, Gunung Batur meletus serta membuahkan musibah yang hebat di bumi. Berlainan dengan dibagian utara, sisi selatan Bali ialah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.

Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Berdasar relief serta topografi, di tengahnya Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur serta antara pegunungan itu ada gugusan gunung berapi yakni Gunung Batur serta Gunung Agung dan gunung yang tidak berapi, yakni Gunung Merbuk, Gunung Patas serta Gunung Sambil. Terdapatnya pegunungan itu mengakibatkan Wilayah Bali dengan Geografis terdiri jadi 2 (dua) sisi yang berbeda yakni Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit serta kurang landai serta Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas serta landai. Kemiringan tempat Pulau Bali terbagi dalam tempat datar (0-2%) seluas 122.652 ha, tempat bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, tempat terjal (15-40%) seluas 190.486 ha serta tempat benar-benar terjal (>40%) seluas 132.189 ha. Propinsi Bali mempunyai 4 (empat) buah danau yang berada di wilayah pegunungan, yakni Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, serta Batur. Alam Bali yang indah jadikan pulau Bali populer jadi wilayah wisata.

Ibu kota Bali ialah Denpasar. Beberapa tempat penting yang lain ialah Ubud jadi pusat kesenian serta peristirahatan, terdapat di Kabupaten Gianyar. Nusa Lembongan ialah jadi satu diantara tempat menyelam (diving), terdapat di Kabupaten Klungkung. Sedang Kuta, Seminyak, Jimbaran serta Nusa Dua ialah beberapa tempat sebagai arah penting pariwisata, baik wisata pantai atau tempat peristirahatan, spa, dan sebagainya, terdapat di Kabupaten Badung.

Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Luas daerah Propinsi Bali ialah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan administratif Propinsi Bali terdiri atas 8 kabupaten, 1 kotamadya, 55 kecamatan, serta 701 desa/kelurahan.

Pulau Bali populer akan eksotisme pantai serta keindahan alamnya. Belum juga kesenian serta tradisi budaya di Bali yang masih kental, jadi daya tarik tertentu buat pulau ini. Tidak bingung, Pulau Dewata ini masih jadi tujuan wisata, baik wisatawan lokal atau luar negeri.

Untuk dapat nikmati keindahan alam serta keseniannya, kamu tak perlu cemas masalah anggaran. Kamu dapat traveling irit di Bali ala backpacker melalui panduan tersebut!

1. Silahkan gunakan transportasi darat dan laut


Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Untuk ke arah pulau Bali, pertama kamu harus ke arah ke Banyuwangi. Bila kamu pergi dari Jogja, karena itu kamu dapat pakai kereta ke arah stasiun Banyuwangi Baru dengan biaya Rp100.000.

Dari stasiun Banyuwangi Baru diteruskan dengan berjalan kaki ke Pelabuhan Ketapang untuk menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk memakai kapal laut. Ticket penyebrangan memakai kapal pelni fery ini sebesar Rp7.500 per orang. Sampai di Gilimanuk kamu teruskan perjalanan memakai bis mini ke Denpasar dengan biaya Rp40.000.

2. Silahkan menginap di losmen


Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Sepanjang pantai Kuta serta Legian memang berjejer hotel serta resort keren. Tetapi siapa kira? Bila kamu ingin mencari gang-gang seperti dalam di Poppies Lane, kamu akan temukan losmen dengan biaya Rp100.000 per malamnya. Bila kamu traveling bersama dengan rekan, pasti dapat sharecost. Jadikan ongkos penginapan jadi tambah murah!

3. Silahkan Anda munjungi destinasi wisata gratis


Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Bali menyiapkan banyak tujuan wisata yang bebas ongkos masuk alias gratis. Pantai-pantai di Bali seperti Kuta, Seminyak, Sanur ialah pantai yang dapat kamu datangi. Tetapi jangan salah, walau gratis, pantai-pantai ini menyuguhkan panorama sunset indah. Serta yang tentu instagrammable!

Umumnya kamu cuma dipakai ongkos parkir bila bawa kendaraan sendiri. Untuk berkunjung ke beberapa detinasi wisata di Bali kamu dapat menyewa sepeda motor dengan ongkos Rp50.000-Rp75.000 /hari.

4. Silahkan makan di warteg ya gaes hehe


Tips Backpackeran Berlibur ke Bali

Untuk memotong ongkos makan sepanjang traveling, kamu bisa mengakalinya dengan makan di warteg! Dengan ongkos Rp10.000-Rp15.000 saja kamu bisa melahap sayur serta lauk pauk. Irit kan?

Saat ini silahkan kita kalkulasi pengeluaran bila kamu stay di Bali sepanjang tiga hari.

Transportasi: Rp147.500 x 2 = Rp. 295.000 (PP)
Penginapan: Rp100.000 x 3 = Rp300.000
Sewa motor: Rp75.000 x 3 = Rp225.000
Makan Rp10.000 x 9 = Rp90.000
Total Rp910.000

Tuhkan, gak sampai satu juta kamu sudah bisa melancong ke Pulau Dewata! Tertarik mencoba?

Belum ada Komentar untuk "Yuk Backpackeran Berlibur ke Bali, Simak Tipsnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel